RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MA Riyadhus Sholihin
Mata Pelajaran
: FIQIH
Kelas/ Semester
: X (Sepuluh) / Ganjil
Materi Pokok : Pengurusan Jenazah
A.
Kompetensi Inti
KI-1
:
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong
, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro aktif serta menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sossial dan alam, serta dapat menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
KI-3
:
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan.
KI-4
:
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1
Meyakini syariat Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
2.1
Memiliki rasa tanggung jawab melalui materi penyelenggaraan jenazah
3.1
Menjelaskan tata cara pengurusan jenazah dan hikmahnya
4.1
Memperagakan tata cara penyelenggaraan jenazah
|
1.3 Menjelaskan
kewajiban umat Islam terhadap orang yang meninggal
2.3 Menjelaskan
tata cara memandikan jenazah
3.3 Menjelaskan
tata cara mengafani jenazah
4.3 Menjelaskan
tata cara mensholati jenazah
5.3 Menjelaskan
tata cara menguburkan jenazah
1.4 Mempraktikkan
pengurusan jenazah
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu :
1. Menjelaskan
kewajiban umat Islam terhadap orang yang meninggal dengan benar
2. Menjelaskan
tata cara memandikan jenazah dengan benar
3. Menjelaskan
tata cara mengafani jenazah dengan benar
4. Menjelaskan
tata cara mensholati jenazah dengan benar
5. Menjelaskan
tata cara menguburkan jenazah dengan benar
6. Memperagakan
tata cara pengurusan jenazah dengan baik dan benar
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Sakaratul Maut
2.
Proses Pengurusan Jenazah
a. Memandikan
jenazah
b. Mengafani
jenazah
c. Mensholatkan
jenazah
d. Menguburkan
jenazah
E.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Metode Saintifik (Pendekatan Permasalahan,
Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Kooperatif)
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media & Alat Pembelajaran
a. Spidol
b. White
Board
c. Laptop
dan LCD Projector
2.
Sumber Belajar
a. M.
Rizal Qosim. 2009. Pengamalan Fiqih, Jilid 1 untuk kelas X Madrasah Aliyah.
Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
b. Kementrian
Agama. 2014. Buku Guru Fikih ; Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X.
Jakarta : Kementrian Agama
c. Buku
Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
d. Buku
Referensi lain yang sesuai dengan materi yang diajarkan
e. Video
Panduan Pengurusan Jenazah.
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
b. Melakukan
control keadaan siswa dengan melaksanakan presensi siswa, kerapian berpakaian
dan posisi tempat duduk
c. Kepada
siswa guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
d. Membuka
pertanyaan komunikatif untuk mengingatkan materi pelajaran sebelumnya
e. Guru
mempersiapkan media berbasis multimedia (audio visual)
|
15 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
Ø Mengamati
gambar dan menyimak materi melalui media LCD Proyektor
Ø Mengamati
video tentang materi tata cara memandikan, mengkafani, mensholati dan
menguburkanjenazah
b. Menanya
Ø Memberikan
tanggapan hasil pegamatan video materi tentang memandikan, mengkafani, mensholati
dan menguburkan jenazah
Ø Melakukan
tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan
c. Eksplorasi/
Eksperimen
Ø Menggali
informasi dan contoh-contoh peristiwa (konteks di masyarakat dan
permasalahannya)
Ø Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban sesuai dengan tata
cara yang telah disampaikan
d. Mengasosiasi
Ø Merumuskan
hasil pemahaman setiap individu siswa dengan mendiskusikannya sesuai dengan
kelompok yang telah dibuat
Ø Memilah
dan membandingkan tata cara pelaksanaan yang terjadi di masyarakat
dengan tata cara pelaksanaan yang telah dijelaskan melalui tayangan video
e. Mengkomunikasikan
Ø Memaparkan
hasil rumusan dalam diskusi kelompok belajar secara bergantian di depan kelas
|
100 Menit
|
3.
|
Penutp
a. Guru
bersama peserta didik memberikan penguatan dan menyimpulkan materi
pembelajaran
b. Bersama
dengan peserta didik, guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan
c. Guru
memberikan tugas mandiri sebagai bahan evaluasi tiap individu
d. Menutup
kegiatan pembelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
20 Menit
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Penilaian
Kognitif
NO
|
NAMA
|
NILAI
|
1
|
Ibrahim
|
|
2
|
Kangguan
|
|
3
|
Madi
Apriadi
|
|
4
|
Musni
Efendi
|
|
5
|
M.
Nurudin
|
|
6
|
M.
Cetinkkaya
|
|
7
|
Nyayu
Muslihah
|
|
8
|
Nurdini
|
|
9
|
Nurhastin
|
|
10
|
Subli
Rais
|
|
11
|
Toriq
Alfarabi
|
|
Palembang, 26 Oktober 2015
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
M.
Munir Fatoni, M.Pd.I Miswanto,
S.Pd.I
0 komentar:
Posting Komentar